BK

:
Concelor SMK Tamsis Jetis :
!. Dra. Stevani Budiasih
2.Dini Yuliastuti  S.Pd.
3.Drs.Agus Setyo Budi


Poto kegiatan BK



















.









RENCANA PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS X
BERBASIS KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA
TAHUN AJAR 2011 - 2012

No
Bidang Bimbingan
Materi  Layanan
Komponen Program
Strategi Layanan
Bentuk Kegiatan
1.
PRIBADI
1.1.  Tentang  Kehidupan
        Remaja
1. Pelayanan Dasar








2. Pelayanan Responsif










3. Perencanaan
    Individual



4. Dukungan Sistem.
1.  IK  layanan Informasi

2.  IK Layanan Bimbingan
     Klasikal

1.  IK Layanan Konseling
     Individual
2.  IK Layanan Konseling
     Kelomok
3.  Bimbingan Individual
3.  Bimbingan Kelompok

4.  Kolaborasi dengan Guru
     dan
     Orangtua siswa.



1.  Pelayanan penempatan
     dan
     penyaluran bakat dan
     minat.

1.  Sarana dan Prasarana
     untuk
     setiap kegitan BK.


2.  Dukungan dari berbagai
     pihak
     di sekolah untuk
     melaksanakan setiap 
      kegiatan

1.  Ceramah Umum
2.  Media (papan
     Bimbingan)

1.  Menggunakan jam
     Kosong untuk
     memberikan
     informasi  


1.  Jelas

2.  Jelas
3  .Pembinaan
4.  Diskusi

1.  Kerjasama untuk
     mencari solusi 
     pengentasan
     masalah


1.  Dalam Kegiatan
     Ekstrakurikuer


1.2. Meningkatkan Rasa
       Percaya Diri
1. Pelayanan Dasar






2. Pelayanan Responsif
1.  Memberikan informasi


2.  Bimbingan Klasikal




1.  Konseling individual
2.  Bimbingan individual
1.  Menggunakan
     Media

1.  Memanfaatkan
     jam kosong untuk
     membeikan 
     informasi

1.  Jelas
1.  Jelas

1.3.  Problem Solving
1. Pelayanan Dasar







2. Pelayanan Responsif

1.  Memberikan informasi


2.  Bimbingan Klasikal




1.  Konseling individual

2.  Bimbingan individual
1.  Menggunakan
     Media

1.  Memanfaatkan
     Jam kosonguntuk
     Memberikan
     informasi

1.  Jelas

1.  Membantu siswa
     yang mengalami
     kesulitan secara
     bersama.


1.4.  Kebiasaan hidup
        menjalankan perintah  
        Agama yang dianut.
1. Pelayanan Dasar







1.  Membrikan Informasi


2.  Bimbingan Klasikal




3.  Kolaborasi dengan Guru
     Agama
1.  Melalui Media


1.  Memanfaatkan
     jam kosong untuk
     memberikan
     informasi

1.  Bekerja sama
     dengan Guru
     Agama untuk
     memberi
     pemahaman pada
     siswa.

1.5.  Evaluasi Diri Setiap
        Waktu
1. Pelayanan Dasar




2. Perencanaan
    Individual

1.  Memberikan  Informasi

2.  Bimbingan Klasikal


1.  Pelayanan Konten   
1.  Melalui media

1.  Memanfaatkan jam
     Kosong

1.  Mendisilinkan
     siswa aga menjadi
     kebiasaan



1.6.  Kebiasaan hidup dan   
        berperilaku positif
1. Pelayanan Dasar


2. Pelayanan Responsif


1.  Memberikan Informasi


2.  Bimbingan Klasikal

1. Konseling individual
2. Konseling kelompok
3. Bimbingn Kelompok

1.  Melalui media


1.  Memanfaatkan jam kosong

1.  Jelas
2.  Jelas
3.  Jelas

1.7.  Konsep diri
1. Pelayanan Dasar
1.  Memberikan informasi
2.  Bimbingan Klasikal
3.  Pelayanan Konten
1.   Melalui Media
2.  Memanfaatkan jam kosong
3.  Membiasakan siswa untuk
     percaya pada diri sendiri

1.8.  Berpikir Positif
1. Pelayanan Dasar
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1.  Melalui media
2.  Memanfaatkan jam kosong

1.9.  Mengembangkan
        Kreativitas
1. Pelayanan Dasar
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1.  Melalui media
2.  Memanfaatkan jam kosong



1.10.  Masalah indisipliner
1. Pelayanan Dasar




2. Pelayanan Responsif











3. Dukungan sistem
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal



1. Konseling Individual
2. Konseling Kelompok
3. Bimbingan Individual
4. Pelayanan konten
5. Bimbingan Kelompok
6. Kolaborasi dengan Guru
    Bidang studi, dengan wali
    kelas, dengan orangtua
    siswa



1. Membuat administrasi
    untuk mencatat keadaan
    siswa
1.  Mlalui media
2.  Memanfaatkan jam kosong
     Untuk memberikan
     Informasi

1.  Jelas
2.  Jelas
3.  Jelas
4.  Membiasakan siswa
     berperilaku disiplin
5.  Kerja sama untuk
     membantu
     siswa dalam menegakkan
     disiplin dan dalam
     mengentaskan siswa dari
     masalah pelanggaran
     disiplin

1.  Membuat catatan kehadiran
     siswa, administrsi
     ketertiban
     siswa ( catatan siswa
     terlambat, membolos,
     meninggalkan kelas),
     catatan pertemuan dengan
     orangtua siswa, catatan
     home
     visit, catatan konseling
     dengan siswa, dan lain lain

1.11.  Perilaku yang tidak
          sesuai norma
1. Pelayanan Dasar


2. Pelayanan Responsif



1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal

1. Konseling individual
2. Bimbingan Individual
3. kolaborasi dengan Guru
    bidang studi, Wali Keas,
    dan
    Orangtua.




4. Kolaborasi dengan pihak
    yang berwewenag seperti
    Poisi, Psikolog, Petugas
    Kesehatan Jiwa.


5. Pelayanan Konten
1.  Melalui media
2.  Memanfaatkan jam kosong

1.  Jelas
2.  Jelas
3.  Kerjasama untuk membantu
     siswa dalam membiasakan
     berperilaku sesuai norma
     dan membantu siswa
     mengentaskan dari masalah
     perilaku yang tidak sesuai   
     dengan norma

4.  Bekerja sama dalam
     membantu siswa dalam
     mengentaskan dari masalah
     perilaku yang tidak sesui
     dengan norma yang bukan
     wewenag BK untuk 
     menyelesaikan ( Tindakan
     Kriminal )



1.12.  Kesehatan
1. Pelayanan Dasar






2. Pelayanan Responsif


1. Memberikan Informasi
2. Bibingan  Klasikal





1. Konseling Individual
2. Kolaborasi dengan
    Petugas   Kesehatan
3. Pelayanan Konten
1.  Melalui media
2.  Memanfaatkan jam kosong,
     atau dapat bekerja sama
     dengan petugas kesehatan
     dalam
     memberikaninformasi
     pada siswa

1.  Jelas
2.  Membantu siswa dalam
     mengentaskan masalah
     kesehatan uyang bukan
     wewenang BK (siswa sakit
     harus dibawa ke dokter)
3.  Membiasakan siswa
     berperilaku hidup sehat




2.

SOSIAL


2.1.   Dunia Pergaulan

1. Pelayanan Dasar


2. Pelayanan Responsif




1. Memberikan Informasi
2. bimbingan Klasikal

1. Konseling Individual
2. Konseling Kelompok
3. Bimbingan Individual
4. Bimbingan Kelompok

1.  Melalui Media
2.  Memanfatkan Jam kosong

1.  Jelas
2.  Jelas
3.  Jelas
4.  Jelas



2.2.   Komunikasi
1. Pelayanan Dasar


2. Pelayanan Responsif
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal

1. konseling Individul
1.  Melalui Media
2.  Memanfaatkan jam kosong

3.  Jelas



2.3.   Kerja sama
1. Pelayanan Dasar
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1.  Melalui Media
2.  Memanfaatkan jam kosong



2.4.  Kepekaan Diri dan Sosial
1. Pelayanan Dasar
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan Klasikal
1.  Melalui media
2.  Memanfaatkan jam kosong



2.5.  Tentang Narkoba
1. Pelayanan Dasar


2. Pelayanan Responsif
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal

1. Kolaborasi dengan pihak
    yang berwenang seperti
    Badan Narkotika Daerah

1.  Melalui media
2.  Memanfaatkan jam kosong

1.  Pembekalan



2.6.  Masalah dengan Teman
1. Pelayanan Dasar


2. Pelayanan Responsif
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal

1. konseling Individual
2. konseling Kelompok

3. Mediasi
1.  Melalui media
2.  Memanfaatkan jam kosong

1.  Jelas
1.  Jelas

1.  Mediasi dilaksanakan bila
     terjadi masalah konflik
     dengan teman



2.7.  Masalah Keluarga

1. Pelayanan responsif
1. konseling Individual

2. Mediasi
3. kolaborasi dengan
    Orangtua
1.  Jelas

1.  Mediasi dilaksanakan bila
     Terjadi masalah konflik
    dengan anggota keluarga,
    sebatas memberikan
    alternatif penyelesaian

3.

BELAJAR

3.1.  Pembagian Waktu
        Belajar

1. Pelayanan Dasar


2. Pelayanan responsif


3. Perencanaan
    individual

1.  Memberikan informasi
2.  Bimbingan klasikal

1. Konseling individual
2. Bimbingan kelompok

1. Pelatihan

1.  Melalui media
2.  Bimbingan klasikal

1.  Jelas
2.  Jelas

1.  Membantu siswa membuat
     rencana pembagian waktu



3.2.  Pemanfaatan Waktu
        Luang
1. Pelayanan Dasar


2. Pelayanan responsif


3. Perencanaan
    individual
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal

1. Konseling Individual
2. Bimbingan kelompok

1. Pelatihan
1.  Melalui Media
2.  Memanfaatkan jam kosong

1.  Jelas
2.  Jelas

1.  Membantu siswa membuat
     Perencanaan penggunaan /  
    pemanfatan waktu
    luang



3.3.   Syarat Kenaikan Kelas
1. Pelayanan dasar
1. Memberikan informasi

2. Bimbingan klasikal
1. melalui media

1. Memanfaatkan jam kosong





3.4.  Eksplorasi Potensi Dasar
        Untuk  Belajar
1. Pelayanan dasar
1. memberikan informasi

2. bimbingan klasikal
1. Melalui media

1. Memanfaatkan jam kosong



3.5.  Belajar Kelompok
1. Pelayanan dasar
1. Memberikan informasi

2. Bimbingan klasikal
1. Melalui media

1. Memanfaatkan jam kosong




3.6.  Masalah Belajar Di kelas
1. Pelayanan Responsif
1. Konseling individual


2. Bimbingan individual



3.  Bimbingan kelompok

1. Mengentaskan siswa yang
     mempunyai masalah belajar

1. Membantu siswa  mengatasi
    Masalah yang dihadapi
    dalam kegiatan belajar

1. Membantu siswa secara
    kelompok mengatasi
    masalah yang dihadapi
    dalam kegiatan belajar
4.
KARIER
4.1.  Analisis Psikis Untuk
        Memilih Karier
1. Pelayanan dasar



2. Pelayanan responsif

1. Memberikan informasi

2. Bimbingan klasikal

1. Konseling Individual
1. Melalui media

1. Memanfaatkan jam kosong

1. Jelas
2. Membantu siswa dalam
    mengenali dan memahami
    potensi diri siswa



4.2.  E S Q Mendasari
        Perencanaan Masa
        Depan
   
1. Pelayanan Dasar

1. Memberikan informasi

2. Bimbingan klasikal
1. Melalui media

1. Memanfaatkan jam kosong


4.3.  Kiat Sukses Menjadi
        PNS
1. Pelayanan dasar
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
1. Melalui media
2. memanfaatkan jam kosong



4.4.  Cara Aman Bekerja Di
        luar Negri
1. Pelayanan Dasar
1. Memberikan informasi

2. Bimbingan klasikal
1. Melalui media

1. memanfaatkan jam kosong



4.5.  Tips dan Trik  Memilih
        LPK / Lembaga   Kursus
1. Pelayanan Dasar
1. Memberikan informasi

2. Bimbingan klasikal
1. Melalui media

1. memanfaatkan jam kosong



4.6.  Menjadi Pengusaha
        yang. Sukses.
1. Pelayanan Dasar
1. Memberikan informasi

2. Bimbingan klasikal
1. Melalui media

1. memanfaatkan jam kosong



      Sekolah sambil Bekerja
1. Pelayanan responsif
1. Konseling individual




2. Bimbingan individual
1. Membantu siswa mengatasi
    masalah dalam kegiatan
    belajarnya karena faktor
    pekerjaan yang dijalani

1. Membantu siswa
    Merencanakan dan
    mengatur  waktu untuk
    belajar dan bekerja


                                                                                                                                                            Yogyakarta  Juli 2011
                                                                                                                   Guru  BK Kelas X
Menyetujui Koordinator BK




Drs. AGUS SETYO BUDI                                                                Dra. STEFANI BIDIASIH

Mengetahui :
                                                                                    Kepala Sekolah



                                                                         SUGIYO PRANOTO, S.Pd.