Concelor SMK Tamsis Jetis :
!. Dra. Stevani Budiasih
2.Dini Yuliastuti S.Pd.
3.Drs.Agus Setyo Budi
Poto kegiatan BK
.
RENCANA PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS X
BERBASIS KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA
TAHUN AJAR 2011 - 2012
No
|
Bidang Bimbingan
|
Materi Layanan
|
Komponen Program
|
Strategi Layanan
|
Bentuk Kegiatan
|
1.
|
PRIBADI
|
1.1. Tentang Kehidupan
Remaja
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
3. Perencanaan
Individual
4. Dukungan Sistem.
|
1. IK layanan Informasi
2. IK Layanan Bimbingan
Klasikal
1. IK Layanan Konseling
Individual
2. IK Layanan Konseling
Kelomok
3. Bimbingan Individual
3. Bimbingan Kelompok
4. Kolaborasi dengan Guru
dan
Orangtua siswa.
1. Pelayanan penempatan
dan
penyaluran bakat dan
minat.
1. Sarana dan Prasarana
untuk
setiap kegitan BK.
2. Dukungan dari berbagai
pihak
di sekolah untuk
melaksanakan setiap
kegiatan
|
1. Ceramah Umum
2. Media (papan
Bimbingan)
1. Menggunakan jam
Kosong untuk
memberikan
informasi
1. Jelas
2. Jelas
3 .Pembinaan
4. Diskusi
1. Kerjasama untuk
mencari solusi
pengentasan
masalah
1. Dalam Kegiatan
Ekstrakurikuer
|
1.2. Meningkatkan Rasa
Percaya Diri
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. Konseling individual
2. Bimbingan individual
|
1. Menggunakan
Media
1. Memanfaatkan
jam kosong untuk
membeikan
informasi
1. Jelas
1. Jelas
| ||
1.3. Problem Solving
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. Konseling individual
2. Bimbingan individual
|
1. Menggunakan
Media
1. Memanfaatkan
Jam kosonguntuk
Memberikan
informasi
1. Jelas
1. Membantu siswa
yang mengalami
kesulitan secara
bersama.
| ||
1.4. Kebiasaan hidup
menjalankan perintah
Agama yang dianut.
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Membrikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
3. Kolaborasi dengan Guru
Agama
|
1. Melalui Media
1. Memanfaatkan
jam kosong untuk
memberikan
informasi
1. Bekerja sama
dengan Guru
Agama untuk
memberi
pemahaman pada
siswa.
| ||
1.5. Evaluasi Diri Setiap
Waktu
|
1. Pelayanan Dasar
2. Perencanaan
Individual
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. Pelayanan Konten
|
1. Melalui media
1. Memanfaatkan jam
Kosong
1. Mendisilinkan
siswa aga menjadi
kebiasaan
| ||
1.6. Kebiasaan hidup dan
berperilaku positif
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. Konseling individual
2. Konseling kelompok
3. Bimbingn Kelompok
|
1. Melalui media
1. Memanfaatkan jam kosong
1. Jelas
2. Jelas
3. Jelas
| ||
1.7. Konsep diri
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan Klasikal
3. Pelayanan Konten
|
1. Melalui Media
2. Memanfaatkan jam kosong
3. Membiasakan siswa untuk
percaya pada diri sendiri
| ||
1.8. Berpikir Positif
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
|
1. Melalui media
2. Memanfaatkan jam kosong
| ||
1.9. Mengembangkan
Kreativitas
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
|
1. Melalui media
2. Memanfaatkan jam kosong
| ||
1.10. Masalah indisipliner
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
3. Dukungan sistem
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. Konseling Individual
2. Konseling Kelompok
3. Bimbingan Individual
4. Pelayanan konten
5. Bimbingan Kelompok
6. Kolaborasi dengan Guru
Bidang studi, dengan wali
kelas, dengan orangtua
siswa
1. Membuat administrasi
untuk mencatat keadaan
siswa
|
1. Mlalui media
2. Memanfaatkan jam kosong
Untuk memberikan
Informasi
1. Jelas
2. Jelas
3. Jelas
4. Membiasakan siswa
berperilaku disiplin
5. Kerja sama untuk
membantu
siswa dalam menegakkan
disiplin dan dalam
mengentaskan siswa dari
masalah pelanggaran
disiplin
1. Membuat catatan kehadiran
siswa, administrsi
ketertiban
siswa ( catatan siswa
terlambat, membolos,
meninggalkan kelas),
catatan pertemuan dengan
orangtua siswa, catatan
home
visit, catatan konseling
dengan siswa, dan lain lain
| ||
1.11. Perilaku yang tidak
sesuai norma
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. Konseling individual
2. Bimbingan Individual
3. kolaborasi dengan Guru
bidang studi, Wali Keas,
dan
Orangtua.
4. Kolaborasi dengan pihak
yang berwewenag seperti
Poisi, Psikolog, Petugas
Kesehatan Jiwa.
5. Pelayanan Konten
|
1. Melalui media
2. Memanfaatkan jam kosong
1. Jelas
2. Jelas
3. Kerjasama untuk membantu
siswa dalam membiasakan
berperilaku sesuai norma
dan membantu siswa
mengentaskan dari masalah
perilaku yang tidak sesuai
dengan norma
4. Bekerja sama dalam
membantu siswa dalam
mengentaskan dari masalah
perilaku yang tidak sesui
dengan norma yang bukan
wewenag BK untuk
menyelesaikan ( Tindakan
Kriminal )
| ||
1.12. Kesehatan
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan Informasi
2. Bibingan Klasikal
1. Konseling Individual
2. Kolaborasi dengan
Petugas Kesehatan
3. Pelayanan Konten
|
1. Melalui media
2. Memanfaatkan jam kosong,
atau dapat bekerja sama
dengan petugas kesehatan
dalam
memberikaninformasi
pada siswa
1. Jelas
2. Membantu siswa dalam
mengentaskan masalah
kesehatan uyang bukan
wewenang BK (siswa sakit
harus dibawa ke dokter)
3. Membiasakan siswa
berperilaku hidup sehat
| ||
2.
|
SOSIAL
|
2.1. Dunia Pergaulan
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan Informasi
2. bimbingan Klasikal
1. Konseling Individual
2. Konseling Kelompok
3. Bimbingan Individual
4. Bimbingan Kelompok
|
1. Melalui Media
2. Memanfatkan Jam kosong
1. Jelas
2. Jelas
3. Jelas
4. Jelas
|
2.2. Komunikasi
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. konseling Individul
|
1. Melalui Media
2. Memanfaatkan jam kosong
3. Jelas
| ||
2.3. Kerja sama
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
|
1. Melalui Media
2. Memanfaatkan jam kosong
| ||
2.4. Kepekaan Diri dan Sosial
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan Klasikal
|
1. Melalui media
2. Memanfaatkan jam kosong
| ||
2.5. Tentang Narkoba
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. Kolaborasi dengan pihak
yang berwenang seperti
Badan Narkotika Daerah
|
1. Melalui media
2. Memanfaatkan jam kosong
1. Pembekalan
| ||
2.6. Masalah dengan Teman
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan Responsif
|
1. Memberikan Informasi
2. Bimbingan Klasikal
1. konseling Individual
2. konseling Kelompok
3. Mediasi
|
1. Melalui media
2. Memanfaatkan jam kosong
1. Jelas
1. Jelas
1. Mediasi dilaksanakan bila
terjadi masalah konflik
dengan teman
| ||
2.7. Masalah Keluarga
|
1. Pelayanan responsif
|
1. konseling Individual
2. Mediasi
3. kolaborasi dengan
Orangtua
|
1. Jelas
1. Mediasi dilaksanakan bila
Terjadi masalah konflik
dengan anggota keluarga,
sebatas memberikan
alternatif penyelesaian
| ||
3.
|
BELAJAR
|
3.1. Pembagian Waktu
Belajar
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan responsif
3. Perencanaan
individual
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
1. Konseling individual
2. Bimbingan kelompok
1. Pelatihan
|
1. Melalui media
2. Bimbingan klasikal
1. Jelas
2. Jelas
1. Membantu siswa membuat
rencana pembagian waktu
|
3.2. Pemanfaatan Waktu
Luang
|
1. Pelayanan Dasar
2. Pelayanan responsif
3. Perencanaan
individual
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
1. Konseling Individual
2. Bimbingan kelompok
1. Pelatihan
|
1. Melalui Media
2. Memanfaatkan jam kosong
1. Jelas
2. Jelas
1. Membantu siswa membuat
Perencanaan penggunaan /
pemanfatan waktu
luang
| ||
3.3. Syarat Kenaikan Kelas
|
1. Pelayanan dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
|
1. melalui media
1. Memanfaatkan jam kosong
| ||
3.4. Eksplorasi Potensi Dasar
Untuk Belajar
|
1. Pelayanan dasar
|
1. memberikan informasi
2. bimbingan klasikal
|
1. Melalui media
1. Memanfaatkan jam kosong
| ||
3.5. Belajar Kelompok
|
1. Pelayanan dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
|
1. Melalui media
1. Memanfaatkan jam kosong
| ||
3.6. Masalah Belajar Di kelas
|
1. Pelayanan Responsif
|
1. Konseling individual
2. Bimbingan individual
3. Bimbingan kelompok
|
1. Mengentaskan siswa yang
mempunyai masalah belajar
1. Membantu siswa mengatasi
Masalah yang dihadapi
dalam kegiatan belajar
1. Membantu siswa secara
kelompok mengatasi
masalah yang dihadapi
dalam kegiatan belajar
| ||
4.
|
KARIER
|
4.1. Analisis Psikis Untuk
Memilih Karier
|
1. Pelayanan dasar
2. Pelayanan responsif
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
1. Konseling Individual
|
1. Melalui media
1. Memanfaatkan jam kosong
1. Jelas
2. Membantu siswa dalam
mengenali dan memahami
potensi diri siswa
|
4.2. E S Q Mendasari
Perencanaan Masa
Depan
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
|
1. Melalui media
1. Memanfaatkan jam kosong
| ||
4.3. Kiat Sukses Menjadi
PNS
|
1. Pelayanan dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
|
1. Melalui media
2. memanfaatkan jam kosong
| ||
4.4. Cara Aman Bekerja Di
luar Negri
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
|
1. Melalui media
1. memanfaatkan jam kosong
| ||
4.5. Tips dan Trik Memilih
LPK / Lembaga Kursus
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
|
1. Melalui media
1. memanfaatkan jam kosong
| ||
4.6. Menjadi Pengusaha
yang. Sukses.
|
1. Pelayanan Dasar
|
1. Memberikan informasi
2. Bimbingan klasikal
|
1. Melalui media
1. memanfaatkan jam kosong
| ||
Sekolah sambil Bekerja
|
1. Pelayanan responsif
|
1. Konseling individual
2. Bimbingan individual
|
1. Membantu siswa mengatasi
masalah dalam kegiatan
belajarnya karena faktor
pekerjaan yang dijalani
1. Membantu siswa
Merencanakan dan
mengatur waktu untuk
belajar dan bekerja
|
Yogyakarta Juli 2011
Guru BK Kelas X
Menyetujui Koordinator BK
Drs. AGUS SETYO BUDI Dra. STEFANI BIDIASIH
Mengetahui :
Kepala Sekolah